Sertifikasi TI

Bidang kerja TI yang terbuka kebanyakan yang dicari adalah engineer untuk networking dan wireless serta programmer. Kelihatannya trend yang sedang terjadi adalah orang atau perusahaan ingin membuat perangkat networking seperti produk dari Cisco. Untuk itu memang dibutuhkan banyak orang yang dapat membuat program dalam level C, C++ dengan real-time OS dan memiliki latar belakang (pengetahuan) di bidang telekomunikasi dan networking. Lowongan webmaster, UNIX administrator pun tidak sedikit. Jenis-jenis lowongan pekerjaan yang ditawarkan sangat banyak . Hanya saja, tenaga TI yang memiliki kemampuan terspesialisasi seringkali dicari, sayangnya agak susah mencari tenaga kerja yang sudah spesifik ini, dan kalau saya tuliskan mungkin daftar lowongan tersebut sepanjang artikel ini.

Nah, kalau melihat situasi seperti itu akan sangat mengenaskan jika orang Indonesia yang bergerak di bidang Teknologi Informasi tidak bisa mendapatkan pekerjaan semacam itu. Masalahnya memang tidak mudah. Mungkin memang kemampuan hasil perguruan tinggi di Indonesia tidak memadai ? Berapa banyak sih perguruan tinggi di Indonesia yang mampu menghasilkan “software engineer” yang handal ? Mungkin di Indonesia baru mampu menghasilkan programmer kelas papan bawah ? Jika memang anda programmer atau software engineer yang handal, apakah anda mengenal istilah-istilah ini: lex, yacc, compiler construction, grammer, token, CMM, dan sebagainya ?

Saat ini banyak sekali tempat tempat kursus yang tersebar diseluruh kota di Indonesia yang bisa mendongkrak para peminatTI untuk menjadi seorang engineer untuk networking maupun programming, saat ini yang banyak sekali diminati adalah tempat kursus yang menyediakan training cisco beserta sertifikasinya dan training oracle beserta sertifikasinya. Namun sayangnya hal ini hanya diminati oleh sebagian orang yang berkocek tebal.

Wajar saja jika lulusan TI yang ada saat ini sangat kesulitan mencari pekerjaan dimana perusahaan-perusahaan dewasa ini memerlukan seorang engineer TI yang bersertifikasi, pengalaman ini penulis alami di salah satu test lowongan pekerjaan untuk posisi administrator, pertanyaan pertama yang ditanyakan oleh seorang yang mewawancara saya yang menjabat sebagai IT Manager adalah apakah anda mempunya sertifikasi CCNA ?

Kenyataan seperti inilah yang membuat penulis sedikit merasa minder, oh my god kapan saya bisa punya sertifikatšŸ˜¦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: