Bunuh diri dan Perang dalam Konsep Islam

Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam) [685].(Qur’an, 10:25)

Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia. (Qur’an, 2:143)

Perang dalam Alquran.

Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (Qur’an, 2:190)

Secara singkat dalam Islam diizinkan untuk berperang hanya karena tertindas, Allah SWT. mengizinkan berperang hanya karena alasan difensif

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (Qur’an, 60:8-9)

Ayat-ayat di atas menjelaskan bagaimana umat Islam harus bersikap terhadap non-Muslim, Seorang Muslim harus memperlakukan non-Muslim dengan hormat dan hanya menghindari orang-orang yang menunjukkan permusuhan terhadap Islam. Dalam kasus di mana perseteruan ini menyebabkan serangan kekerasan terhadap umat Islam, maka umat Islam harus merespon kepada mereka dengan mempertimbangkan sisi keadilan dan kemanusiaan. Segala bentuk kebiadaban, tindakan kekerasan dan agresi tidak adil dilarang oleh agama Islam. Dalam ayat lain, Allah berfirman :

Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Qur’an, 5:8)

KONSEP JIHAD

Yang tepat arti “Jihad” adalah “upaya”. Oleh karena itu, dalam Islam, “melakukan jihad” adalah “untuk menunjukkan usaha, berjuang”. Nabi Muhammad menjelaskan bahwa “jihad yang paling besar adalah jihad melawan hawa nafsu”.

Penggunaan konsep “jihad” untuk tindakan agresi terhadap orang tak bersalah, terror, merupakan konsep jihad yang salah.

BUNUH DIRI ADALAH HAL YANG DILARANG DALAM ISLAM

Melakukan serangan bunuh diri yang menyebabkan kematian orang-orang tak bersalah jelas adalah pelanggaran terhadap hukum Islam, di dalam Al’quran disebutkan bahwa mengakhiri hidup sendiri adalah perbuatan dosa.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kami saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu [287]; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. (Qur’an, 4:29)

Hanya orang yang tidak memahami inti dari ajaran Islam sebagai Agama yang membawa kedamaian, yang menganggap bahwa serangkaian bom bunuh diri merupakan perbuatan Jihad.

Wallahualam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: