Bahaya Merokok dan Racun Pada Rokok

Bahan utama dalam rokok adalah tembakau. Tembakau yang berwarna hijau, rimbun, dan tumbuh di iklim tropis. Petani banyak menggunakan bahan kimia untuk tumbuhan tembakau. Mereka menggunakan pupuk untuk membuat tanah yang subur dan untuk membunuh serangga yang memakan tanaman tembakau tersebut.

Setelah tanaman tembakau yang dipilih kering, kemudian tembakau tersebut dipotong menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian perasa buatan dan bahan kimia lainnya ditambahkan. Beberapa bahan kimia yang dimasukkan ke dalam rokok agar ketika rokok dibakar rokok tersebut tidak mengeluarkan api tetapi hanya mengeluarkan bara api saja.

Terdapat lebih dari 4.000 bahan kimia dalam rokok, 51 bahan diantaranya diketahui pemicu kanker. Kanker adalah penyakit yang paling sering membunuh manusia. Ada banyak jenis kanker yaitu : payudara, paru-paru, tenggorokan, perut, ginjal, leukemia (kanker pada darah), dan lain-lain, sel kanker akan membagi dan akan membentuk sel-sel baru yang abnormal atau tidak sehat.

Tubuh kita terdiri dari ribuan sel. Dalam orang yang sehat, sel-sel baru terbentuk hanya bila dibutuhkan. Dalam orang yang mengidap kanker, sel-sel yang abnormal yang tumbuh akan merusak sel-sel normal, jika sel membentuk sel baru yang tidak diperlukan, sel tersebut akan membentuk pertumbuhan yang abnormal, awalnya mungkin sel tersebut berukuran kecil seperti kacang atau besar seperti jeruk, pertumbuhan kanker tersebut disebut tumor ganas.

Kanker biasanya membunuh orang ketika menyebar ke bagian lain dari tubuh. Kadang-kadang sel-sel kanker melepaskan diri dari tumor ganas dan menemukan cara untuk masuk ke dalam darah. Tumor menjalar ke bagian tubuh atau organ seperti ginjal atau paru-paru. Kemudian tumor mulai menyebar dan menggandakan selnya dan bentuk kanker yang baru. Misalnya, jika seorang wanita yang memiliki tumor ganas di payudara dan tidak menyembukan kanker tersebut ketika usia kanker masih kecil, bagian dari tumor mungkin menjalar dan masuk ke dalam darah itu. Dari darah tersebut mungkin akan menjalar ke otak dan menyebabkan penderita mengalami kanker otak.

Bahan kimia dalam asap rokok dan rokok diketahui tidak hanya menyebabkan kanker tetapi juga masalah-masalah kesehatan serius lainnya. Banyak dari bahan-bahan kimia yang beracun yang apabila seseorang menghisap satu pak rokok, penghisap rokok tersebut akan meninggal dunia.

Racun yang terdapat pada Rokok
Jenis Terdapat pada :
karbon monoksida knalpot mobil
nikotin racun Serangga
tar aspal
Arsenic racun tikus
amonia produk pembersih
hidrogen sianida kamar gas beracun
sianida racun
acetone polish paku
butana cairan pematik korek api
DDT
insektisida
formaldehida pengawet mayat
sulfuric acid
baterai mobil
kadmium digunakan untuk mengisi ulang baterai
freon
yang mengakibatkan kerusakan lapisan ozon bumi
asam geranic
pewangi
methoprene
pestisida
maltitol
pemanis yang tidak diperkenankan untuk digunakan dalam makanan di AS
sumber: Dr. Joel Dunnington, Tobacco Almanac, Revised, May 1993. Sumber: Dr Joel Dunnington, Tembakau almanak, APBN, Mei 1993.

Tiga racun yang paling banyak diketahui adalah bahan kimia nikotin, tar, dan karbon monoksida. Nikotin yang terdapat dalam bahan utama dalam racun serangga dalam bentuk murni, dengan hanya satu drop di lidah manusia akan menyebabkan kematian.

Tar merupakan bahan yang berminyak . Ketika seorang perokok menghisap rokok, jumlah tar yang banyak akan menempel pada paru-paru.

Karbon monoksida adalah gas beracun. Perokok sama saja dengan menghisap gas yang ditemukan dalam knalpot mobil. Gas ini bercampur dengan pernafasan dan sistem peredaran darah (jantung, arteries, dan veins). Apabila kita menghirup udara melalui hidung dan mulut, udara akan melewati tabung cabang tenggorokan kemudian masuk ke dalam paru-paru. Bulu-bulu halus yang kecil dan berlendir (cairan yang lengket juga ditemukan di hidung) yang membantu untuk membersihkan udara akan pindah ke dalam dan paru-paru.

Manusia memiliki dua buah paru-paru yang dilindungi oleh tulang rusuk dan dipisahkan oleh jantung. Paru-paru seseorang yang tidak merokok (sehat), paru-paru tersebut lembut, kenyal, abu-abu dengan jaringan berwarna kemerah-merahan.

Paru-paru juga memiliki ratusan kantong udara yang berisi oksigen ketika kita menghirup udara atau bernafas.Paru-paru tersebut elastis seperti karet.

Salah satu tugas paru-paru yaitu untuk mengambil oksigen dari udara kemudian oksigen dalam darah tersebut akan dialirkan ke jantung. Jantung memompa darah yang berisi oksigen ke seluruh tubuh oleh arteri. Paru-paru juga harus membuang karbon dioksida yang merupakan produk limbah dari sel dengan cara menghembuskan nafas

Ketika menghisap rokok, maka karbon monoksida dalam asap akan masuk kedalam aliran darah. Hal Ini akan mengurangi jumlah oksigen yang ada pada jantung. Selain itu, bahan kimia dalam asap rokok mempersempit dinding dari arteri. Dengan kurangnya oksigen yang melewati arteri, jantung harus bekerja lebih keras. Tekanan darah juga akan meningkat.

Akibatnya jantung tidak menerima cukup oksigen dalam darah. Bila ini terjadi, jantung akan berhenti berdenyut dan sebagian atau seluruh otot jantung akan mati. Hal ini disebut serangan jantung koroner. Jika sebagian besar bagian dari otot jantung berhenti bekerja, manusia akan meninggal dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: