Blu-ray Disc

Blu-ray, yang juga dikenal sebagai Blu-ray Disc (BD), adalah nama dari generasi optik disk format sama dikembangkan oleh Blu-ray Disc Association (BDA), sebuah kelompok di dunia elektronik, produsen PC dan media (termasuk Apple, Dell, Hitachi, HP, JVC, LG, Mitsubishi, Panasonic, Pioneer, Philips, Samsung, Sharp, Sony, TDK dan Thomson). Format ini dikembangkan untuk memungkinkan perekaman, penulisan ulang dan pemutaran yang tinggi definition video (HD), serta penyimpanan data dalam jumlah besar.

Format blu-ray dapat menyimpan lebih dari lima kali penyimpanan kapasitas DVD sehingga dapat menyimpan hingga 25GB pada satu-layer disc dan 50GB pada dual-layer disc. Kapasitas ekstra ini dikombinasikan dengan penggunaan video dan audio codec akan menawarkan suatu pengalaman yang belum pernah dirasakan oleh konsumen sebelumnya.

Meskipun saat ini teknologi optik disk seperti DVD, DVD ± R, DVD ± RW, dan DVD-RAM bergantung pada laser merah untuk membaca dan menulis data, format yang baru menggunakan laser biru-violet sebagai gantinya, sehingga dinamakan Blu-ray. Walaupun berbagai jenis laser yang digunakan, produk-produk Blu-ray kompatibel dengan CD dan DVD. Keuntungan menggunakan laser biru-violet (405nm) yang memiliki panjang gelombang pendek dibandingkan laser merah (650nm), memungkinkan untuk memfokuskan laser spot dengan presisi lebih besar. Hal ini memungkinkan data yang akan dikemas lebih rapat, sehingga memungkinkan untuk muat lebih banyak data pada disk walaupun dari ukuran yang sama seperti CD / DVD. Dengan perubahan kecepatan rana untuk 0,85 numerik memungkinkan Blu-ray discs untuk menyimpan datasebesar 25GB/50GB. Baru-baru ini blu-ray yang dikembangkan oleh Pioneer kapasitas penyimpanan bisa mencapai 500GB ke dalam satu disk dengan menggunakan 20 lapisan.

Blu-ray saat ini didukung oleh sekitar 200 dari dunia elektronik, komputer, media, video game dan musik perusahaan. Format ini juga memiliki dukungan dari semua studio Hollywood hingga studio kecil sebagai pengganti format DVD. Banyak studio juga telah mengumumkan bahwa mereka akan segera merilis film-film baru dalam format Blu-ray Disc. Untuk informasi lebih lanjut tentang Blu-ray movies, anda dapat melihat dalam link Blu-ray film dan ulasan Blu-ray sebagai informasi mengenai film-film apa saja yang tersedia dalam format Blu-ray.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: